KISAH SUKSES
Kisah
sukses yang membuat saya terinspirasi ialah Reza Nurhilman, Bagi yang belum
mengenal nama ini, mungkin Anda lebih mengenal “kripik setan” Maicih. Ya, Reza
Nurhilman adalah nama pemuda yang berada di belakang produk keripik singkong
ekstra pedas yang populer itu. Reza memulai bisnis keripik singkong ini pada
pertengahan 2010 seorang diri saat berusia 23 tahun dengan modal awal 15 juta
rupiah. Untuk bisnisnya ini, ia menggandeng satu produsen keripik lokal di
Bandung. Reza mengawali bisnisnya ini dengan melakukan pemasaran sederhana,
yakni melalui platform media sosial, Twitter, sebelum mengembangkan sayap
dengan menerapkan sistem keagenan yang menggunakan istilah Jenderal agar
produknya bisa menggapai konsumen yang lebih luas. Para Jenderal ini memasarkan
produknya dengan cara berkeliling atau nomaden.
Pemuda
kelahiran Bandung 28 tahun yang lalu ini mengaku kunci kesuksesannya terletak
pada cara berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak membuka toko
seperti kebanyakan penjual sehingga membuat produknya eksklusif. Melalui
Twitter, para jenderal memberitahu informasi lokasi penjualan setiap harinya.
Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti berhasil mengangkat nama Maicih di
dunia maya. Baru setengah tahun saja, omzet Maicih bisa mencapai Rp7 miliar per
bulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar